NETWORKING Merupakan jaringan antar komputer yang menghubungkan satu komputer dengan jaringan lainnya. untuk menyusun jaringan ini, diperlukan perencanaan dari jaringan yang dibangun yang disebut dengan topology. scope jaringan itu sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu LAN, WAN, dan MAN. Perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung jaringan diantaranya card jaringan.
Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation.
MAN (Metropolitan Area Network) adalah network dalam skala suatu kota Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.WLAN (Wireless LAN) adalah suatu teknologi baru yang dapat dianggap sebagai penambah atau pengganti dari fungsi jaringan LAN yang ada sehingga pengguna tidak lagi dibatasi oelh kabel LAN untuk dapat masuk kedalam jaringan. Dengan menggunakan WLAN maka banyak sekali keuntungan yang diperoleh seperti mobilitas, fleksibilitas, produktivitas dan scalabilitas dan tentunya masih banyak keuntungan lainnya.
Internet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
Media apa saja yang dapat digunakan untuk transmisi data ini? Terdapat berbagai macam media, baik di internal sistem komputer maupun untuk antar komputer itu sendiri. Untuk internal komputer, selain digunakan kabel, juga bus. Secara umum, selain bus itu sendiri, media tersebut adalah: Kabel (wired) dan Nirkabel.
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN). Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat. Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.
Tingginya animo masyarakat --khususnya di kalangan komunitas Internet-- menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor. Pertama, kemudahan akses. Artinya, para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel.
Konsekuensinya, pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot.
Menjamurnya hotspot di tempat-tempat tersebut --yang dibangun oleh operator telekomunikasi, penyedia jasa Internet bahkan orang perorangan-- dipicu faktor kedua, yakni karena biaya pembangunannya yang relatif murah atau hanya berkisar 300 dollar Amerika Serikat.
Peningkatan kuantitas pengguna Internet berbasis teknologi Wi-Fi yang semakin menggejala di berbagai belahan dunia, telah mendorong Internet service providers (ISP) membangun hotspot yang di kota-kota besar dunia.
Jalur transmisi adalah bagaimana suatu alat dapat mengirimkan informasi dengan peralatan lainnya. Jalur transmisi ini terbagi atas tiga, yaitu: Unicast, Multicast, dan Broadcast
Unicast adalah komunikasi antara satu pengirim dengan satu penerima di jaringan.
Adalah kontak informasi yang terjadi antar suatu alat dengan satu alat lainnya. Sebagai analogi, contohnya adalah penggunaan telepon. Ketika satu telepon menghubungi telepon lainnya, maka yang dapat berkomunikasi adalah dua telepon tersebut.
Multicast adalah komunikasi antara satu pengirim dengan banyak penerima di jaringan.
Adalah proses komunikasi yang terjadi antar satu alat dengan alat lainnya. Dimana masing-masing alat yang terhubung dapat berkomunikasi dengan alat yang menghubunginya. Contohnya adalah server yang ada pada internet. Dimana server tersebut melayani beberapa komputer yang menghubunginya, dan komputer yang dihubungi dapat memberikan respon balik kepada server itu tadi
Broadcast adalah Proses pengiriman data satu arah. Pengiriman data satu arah ini tidak memerlukan repon balik dari penerimanya. Biasanya dipakai pada penyiaran gelombang radio, televisi, serta penyebaran lainnya.
Terdapat dua konfigurasi jalur komunikasi, yaiut point to point dan point to multipoint.
Point-to-point adalah dua host (komputer) atau lebih, dimana masing host tersebut terhubung secara langsung tanpa melalui host perantara.
Pengertian point-to-multipoint adalah satu alat dapat terhubung ke beberapa alat lainnya (lebih dari satu alat) dalam suatu jaringan. Contohnya adalah penyiaran radio dari stasiun pemancar yang dihubungkan dengan banyak radio penerima lainnya.
Transmisi merupakan bagaimana suatu data dapat dikirimkan dari suatu alat dan diterima oleh alat lain. Transmisi ini merupakan salah satu konsep penting dalam sistem komputer sehingga suatu perangkat bisa berkomunikasi dengan perangkat lainnya.
Saluran informasi bisa diibaratkan dengan pipa yang digunakan untuk mengalirkan dialirkan. Besarnya pipa biasanya disebut dengan istilah bandwidth, atau secara harfiah diartikan lebar pita.
Pengantar model OSI
Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.
Model OSI
Tujuan
utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan
memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran
komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protoklol jaringan dan metode
transmisi.
Model dibagi menjadi 7
layer, dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing. Tiap layer
harus dapat berkomunikasi dengan layer di atasnya maupun dibawahnya
secara langsung melalui serentetan protokol dan standard.
Model OSI terdiri dari 7 layer :
Application, Presentation, Session, Transport, Network, Data Link, Physical
Application, Presentation, Session, Transport, Network, Data Link, Physical
Setiap
layer bertanggungjawab secara khusus pada proses komunikasi data.
Misal, satu layer bertanggungjawab untuk membentuk koneksi antar
perangkat, sementara layer lainnya bertanggungjawab untuk mengoreksi
terjadinya “error” selama proses transfer data berlangsung.Model Layer
OSI dibagi dalam dua group: “upper layer” dan “lower layer”. “Upper
layer” fokus pada applikasi pengguna dan bagaimana file
direpresentasikan di komputer. Untuk Network Engineer, bagian utama yang
menjadi perhatiannya adalah pada “lower layer”. Lower layer adalah
intisari komunikasi data melalui jaringan aktual.
Open
dalam OSI adalah untuk menyatakan model jaringan yang melakukan
interkoneksi tanpa memandang perangkat keras/ “hardware” yang digunakan,
sepanjang software komunikasi sesuai dengan standard. Hal ini secara
tidak langsung menimbulkan “modularity” (dapat dibongkar pasang).
Apa yang dilakukan 7 layer OSI
Ketika data ditransfer melalui jaringan, sebelumnya data tersebut harus melewati ke-tujuh layer dari satu terminal, mulai dari layer aplikasi sampai physical layer, kemudian di sisi penerima, data tersebut melewati layer physical sampai aplikasi. Pada saat data melewati satu layer dari sisi pengirim, maka akan ditambahkan satu “header” sedangkan pada sisi penerima “header” dicopot sesuai dengan layernya
Modularity
“Modularity”
mengacu pada pertukaran protokol di level tertentu tanpa mempengaruhi
atau merusak hubungan atau fungsi dari level lainnya.Dalam sebuah layer,
protokol saling dipertukarkan, dan memungkinkan komunikasi terus
berlangsung. Pertukaran ini berlangsung didasarkan pada perangkat keras
“hardware” dari vendor yang berbeda dan bermacam-macam alasan atau
keinginan yang berbeda.
Seperti contoh Jasa
Antar/Kurir. “Modularity” pada level transportasi menyatakan bahwa
tidak penting, bagaimana cara paket sampai ke pesawat. Paket untuk
sampai di pesawat, dapat dikirim melalui truk atau kapal. Masing-masing
cara tersebut, pengirim tetap mengirimkan dan berharap paket tersebut
sampai di Toronto. Pesawat terbang membawa paket ke Toronto tanpa
memperhatikan bagaimana paket tersebut sampai di pesawat itu.
Modularity
“Modularity”
mengacu pada pertukaran protokol di level tertentu tanpa mempengaruhi
atau merusak hubungan atau fungsi dari level lainnya.Dalam sebuah layer,
protokol saling dipertukarkan, dan memungkinkan komunikasi terus
berlangsung. Pertukaran ini berlangsung didasarkan pada perangkat keras
“hardware” dari vendor yang berbeda dan bermacam-macam alasan atau
keinginan yang berbeda.
Seperti contoh Jasa Antar/Kurir. “Modularity” pada level transportasi menyatakan bahwa tidak penting, bagaimana cara paket sampai ke pesawat.
Paket untuk sampai di pesawat, dapat dikirim melalui truk atau kapal. Masing-masing cara tersebut, pengirim tetap mengirimkan dan berharap paket tersebut sampai di Toronto. Pesawat terbang membawa paket ke Toronto tanpa memperhatikan bagaimana paket tersebut sampai di pesawat itu.
Seperti contoh Jasa Antar/Kurir. “Modularity” pada level transportasi menyatakan bahwa tidak penting, bagaimana cara paket sampai ke pesawat.
Paket untuk sampai di pesawat, dapat dikirim melalui truk atau kapal. Masing-masing cara tersebut, pengirim tetap mengirimkan dan berharap paket tersebut sampai di Toronto. Pesawat terbang membawa paket ke Toronto tanpa memperhatikan bagaimana paket tersebut sampai di pesawat itu.
Model OSI
Tujuan
utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan
memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran
komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protoklol jaringan dan metode
transmisi.
Model dibagi menjadi 7
layer, dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing. Tiap layer
harus dapat berkomunikasi dengan layer di atasnya maupun dibawahnya
secara langsung melalui serentetan protokol dan standard.
Ketika
data ditransfer melalui jaringan, sebelumnya data tersebut harus
melewati ke-tujuh layer dari satu terminal, mulai dari layer aplikasi
sampai physical layer, kemudian di sisi penerima, data tersebut melewati
layer physical sampai aplikasi. Pada saat data melewati satu layer dari
sisi pengirim, maka akan ditambahkan satu “header” sedangkan pada sisi
penerima “header” dicopot sesuai dengan layernya.
Model
Layer OSI dibagi dalam dua group: “upper layer” dan “lower layer”.
“Upper layer” fokus pada applikasi pengguna dan bagaimana file
direpresentasikan di komputer. Untuk Network Engineer, bagian utama yang
menjadi perhatiannya adalah pada “lower layer”. Lower layer adalah
intisari komunikasi data melalui jaringan aktual.“Open” dalam OSI
Open
dalam OSI adalah untuk menyatakan model jaringan yang melakukan
interkoneksi tanpa memandang perangkat keras/ “hardware” yang digunakan,
sepanjang software komunikasi sesuai dengan standard. Hal ini secara
tidak langsung menimbulkan “modularity” (dapat dibongkar pasang).
Model OSI
Tujuan
utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan
memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran
komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protoklol jaringan dan metode
transmisi.
Model dibagi menjadi 7
layer, dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing. Tiap layer
harus dapat berkomunikasi dengan layer di atasnya maupun dibawahnya
secara langsung melalui serentetan protokol dan standard.
Ketika
data ditransfer melalui jaringan, sebelumnya data tersebut harus
melewati ke-tujuh layer dari satu terminal, mulai dari layer aplikasi
sampai physical layer, kemudian di sisi penerima, data tersebut melewati
layer physical sampai aplikasi. Pada saat data melewati satu layer dari
sisi pengirim, maka akan ditambahkan satu “header” sedangkan pada sisi
penerima “header” dicopot sesuai dengan layernya.
Application Layer
Application
Layer: Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini
bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer,
seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti
server printer atau aplikasi komputer lainnya.
Presentation Layer
Presentation
Layer: Bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk
transfer data. Contoh konversi format text ASCII untuk dokumen, .gif dan
JPG untuk gambar. Layer ini membentuk kode konversi, translasi data,
enkripsi dan konversi.
Session Layer
Session
Layer: Menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara dan
mengatur koneksi,- bagaimana mereka saling berhubungan satu sama lain.
Koneksi di layer ini disebut “session”.
Transport Layer
Transport
Layer: Bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi
logika “end-to-end” antar terminal, dan menyediakan penanganan error
(error handling).
Network Layer
Network
Layer: Bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute
yang harus diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di
jaringan. Data pada layer ini berbentuk paket.
Network Layer
Network
Layer: Bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute
yang harus diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di
jaringan. Data pada layer ini berbentuk paket.
Data Link Layer
Data
Link Layer: Menyediakan link untuk data, memaketkannya menjadi frame
yang berhubungan dengan “hardware” kemudian diangkut melalui media.
komunikasinya dengan kartu jaringan, mengatur komunikasi layer physical
antara sistem koneksi dan penanganan error.
Physical Layer
Physical
Layer: Bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan
mentransfernya melalui media, seperti kabel, dan menjaga koneksi fisik
antar sistem.
IP address
Internet Protocol Address adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. IP sangat berbeda dengan DNS. Panjang dari angka di IP ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Contoh untuk IP:
192.168.0.1
192.168.0.2
192.168.0.3
202.134.0.13
Internet Protocol (IP) merupakan fondasi (building block) dari Internet. Fungsi dari IP antara lain:
· mendefinisikan datagram ({basic unit} dari sebuah transmisi di Internet)
· mendefinisikan cara penggunaan alamat di Internet (Internet addressing scheme)
· memindahkan data antara {Network Access Layer} dan {host-to-Host Transport Layer}
· melakukan {routing} dari datagram antar komputermelakukan fragmentasi (pemecahan paket) dan re-assembly dari datagram
Paket IP berisi data-data untuk TCP/IP protocol suite. Setiap paket memiliki 32-bit alamat sumber (source address) dan tujuan (destination address), beberapa bit untuk {option}, sebuah {header checksum}, dan {payload of data}. Umumnya paket IP memiliki ukuran beberapa ratus bytes.
IP bersifat tidak reliable (unreliable). Maksudnya, paket IP tidak dijamin sampai di tujuan ataupun sampai dengan urutan yang sama. Tugas untuk menjamin reliability diserahkan kepada lapisan di atasnya, yaitu TCP, Transport Control Protocol.
Pengertian DNS
Domain Name System (DNS) Adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP address. DNS biasanya digunakan pada aplikasi yang berhubungan ke internet sererti Web Browser atau e-mail, Dimana DNS membantu memetakan host name sebuah computer ke IP address. Selain digunakan di internet DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau internet
Server
Server adalah sebuah komputer di Internet atau di jaringan lainnya yang menyimpan file dan membuat file tersebut tersedia untuk diambil jika dibutuhkan.
Server adalah sebuah aplikasi jaringan komputer yang digunakan untuk melayani banyak pengguna dalam satu jaringan.
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
Client-server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya. Server biasanya terhubung dengan client melalui kabel UTP dan sebuah kartu jaringan (network card). Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Dalam teknologi informasi, client-server merujuk kepada cara mendistribusikan aplikasi ke pihak client dan pihak server. Dalam model client-server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah (tetapi masih dalam sebuah kesatuan) yakni komponen client dan komponen server.
workstation biasanya dipakai untuk menyebut komputer (yang dipakai oleh pengguna) yang terhubung ke suatu jaringan. Dalam pengertian yang lain, workstation diartikan sebagai single user komputer yang berdaya penuh yang penggunaannya biasanya ditujukan untuk aplikasi high end graphics dan aplikasi desain tambahan. Disebut juga dengan nama graphics workstation.
Komponen client dijalankan pada sebuah workstation. Pemakai workstation memasukkan data dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu, kemudian mengirimkannya ke komponen server, umumnya berupa permintaan layanan tertentu yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima permintaan layanan tersebut dan langsung memprosesnya serta mengembalikan hasil pemrosesan kepada client. Client pun menerima informasi hasil pemrosesan data tadi dan menampilkannya kepada pemakai dengan menggunakan aplikasi yang digunakan oleh pemakai.Komponen client juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end.
Pengertian Server
Server adalah sebuah komputer di Internet atau di jaringan lainnya yang menyimpan file dan membuat file tersebut tersedia untuk diambil jika dibutuhkan.
Server adalah sebuah aplikasi jaringan komputer yang digunakan untuk melayani banyak pengguna dalam satu jaringan.
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
Client-server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya. Server biasanya terhubung dengan client melalui kabel UTP dan sebuah kartu jaringan (network card). Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Dalam teknologi informasi, client-server merujuk kepada cara mendistribusikan aplikasi ke pihak client dan pihak server. Dalam model client-server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah (tetapi masih dalam sebuah kesatuan) yakni komponen client dan komponen server.
workstation biasanya dipakai untuk menyebut komputer (yang dipakai oleh pengguna) yang terhubung ke suatu jaringan. Dalam pengertian yang lain, workstation diartikan sebagai single user komputer yang berdaya penuh yang penggunaannya biasanya ditujukan untuk aplikasi high end graphics dan aplikasi desain tambahan. Disebut juga dengan nama graphics workstation.
Komponen client dijalankan pada sebuah workstation. Pemakai workstation memasukkan data dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu, kemudian mengirimkannya ke komponen server, umumnya berupa permintaan layanan tertentu yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima permintaan layanan tersebut dan langsung memprosesnya serta mengembalikan hasil pemrosesan kepada client. Client pun menerima informasi hasil pemrosesan data tadi dan menampilkannya kepada pemakai dengan menggunakan aplikasi yang digunakan oleh pemakai.Komponen client juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end.
Hub
Hub menghubungkan banyak peralatan menjadi satu. Mereka bekerja di lapisan fisik (yang terendah atau lapisan pertama). Mereka mengulang sinyal yang diterima oleh setiap port ke semua port yang lain. Oleh karena itu, hub akan dapat dianggap repeater sederhana. Karena desain ini, hanya satu port yang mengirim data pada satu saat. Jika dua perangkat mengirimkan pada saat yang sama, mereka akan merusak data yang dikirim masing-masing, dan keduanya menunda (back off) untuk mengirim ulang kembali paket yang rusak. Hal ini dikenal sebagai tabrakan, dan setiap host tetap bertanggung jawab untuk mendeteksi tabrakan saat pengiriman data, dan mengirim ulang paket bila diperlukan. Ketika masalah seperti tabrakan berlebihan terdeteksi pada sebuah port, beberapa hub dapat memutuskan (partisi) port untuk sementara waktu untuk membatasi dampaknya terhadap jaringan lainnya. Sementara port dipartisi, perangkat yang terpasang ke port tersebut tidak dapat berkomunikasi dengan jaringan.
Switch
Switch merupakan perangkat yang banyak beroperasi seperti hub, namun menyediakan sambungan khusus (atau switch) antar port. Tanpa mengirim ulang semua lalu lintas ke setiap port, switch dapat menentukan port yang saling berkomunikasi langsung dan menghubungkan antara kedua-nya saja. Switch umumnya akan memperoleh kinerja yang jauh lebih baik daripada hub, terutama pada jaringan yang sibuk dengan banyak komputer. Switch tidak jauh lebih mahal dari hub, dan menggantikan hub dalam banyak situasi
Pengertian Router
ROUTER adalah
suatu alat pada dunia komputer yang berguna untuk membelokkan data dari
suatu sistem jaringan ke sistem yang lain. Logikanya sebuah sistem
jaringan tidak dapat berpindah ke sistem yang lain. Exp Sis A.
Menggunakan IP 192.168.1.1 dan Sis B. Menggunakan IP 192.168.2.1 Maka
Kompi yang menggunakan Sis A tidak dapat melakukan komunikasi dengan Sis
B tanpa Router.
Modem
Modem
ini merupakan suatu alat yang dapat menjembatani suatu komputer untuk
dapat beroperasi dalam jaringan. khususnya jaringan internet dan
biasanya dihubungkan dengan line telepon standar. Modem adalah singkatan
dari Modulator-Demodulator Modulate adalah proses penerjemahan data
dari digital ke analog sehingga bisa ditransmisikan. Demodulate adalah
sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital. Modulator
merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa
(Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian
yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari
sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat
diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya,
artinya modem adalah alat komunikasi dua arah
Pengertian Firewall
Tujuan
utama dari firewall adalah untuk menjaga (prevent) agar akses (ke dalam
maupun ke luar) dari orang yang tidak berwenang (unauthorized access)
tidak dapat dilakukan. Konfigurasi dari firewall bergantung kepada
kebijaksanaan (policy) dari organisasi yang bersangkutan, yang dapat
dibagi menjadi dua jenis: Apa-apa yang tidak diperbolehkan secara
eksplisit dianggap tidak diperbolehkan (prohibitted), Apa-apa yang tidak
dilarang secara eksplisit dianggap diperbolehkan (permitted).
Pengertian Domain Name
Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet.
Domain Name (Nama domain) adalah nama unik yang digunakan sebagai alias dari satu alamat IP server. Ketika kita mengakses satu domain name, secara otomatis kita mengakses satu server dengan satu IP Address tertentu yang di alamatkan oleh domain tersebut.
· Top Level Domain – bagian paling belakang dari sebuah domain name
· Second Level Domain – Bagian setelah Top Level Domain
· Subdomain - domain yang menjadi bagian dari domain yang lebih besar
Untuk ketiga istilah diatas, paling mudah dengan menggunakan contoh langsung:
www.list.bloggingly.com
com adalah Top Level Domain
bloggingly adalah Second Level Domain
list adalah subdomain
Pengertian email
Email adalah surat elektrokik; surat yang ditulis dalam bentuk elektronik, surat secara elektronik, baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet.
Sebuah alamat e-mail yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain, misalnya: namasaya@yahoo.com.
Label: kkpi
Layanan di Internet
Email, kalau dalam istilah Indonesia adalah surat elektronik. Yaitu sebuah layanan yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Email merupakan layanan yang populer dan terus berkembang. Protokol yang digunakan untuk pengiriman email adalah SMTP (Simple Mail Transport Protocol), sedangkan untuk menerima (men-download) email dapat menggunakan protokol POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Inernet Message Access Protocol).
Tetapi layanan email yang paling banyak digunakan adalah yang berbasis web atau sering disebut web based email yang dapat diakses melalui halaman web biasa menggunakan web browser.
Macam-macam email
E-Mail Virus : Virus yang dikirimkan sebagai file lampiran pada e-mail, virus baru akan bekerja dan menginfeksi jika kita membuka file attachment tersebut. Sebagian besar adalah virus Macro yang menyerang aplikasi Microsoft Word, biasanya file virus tersebut berekstensi .exe. Contohnya seperti virus Worm.ExploreZip
Alamat e-mail yang memiliki struktur user_id@domain, misalkan jack@febrian.com, dibaca jack yang berada di domain febrian.com.
Junk e-mail : E-mail sampah yang biasanya berisi promosi. Junk e-mail ini sering digunakan oleh berbagai pihak untuk mempromosikan keinginannya, misalnya promosi produk, kampanye, promosi suatu halaman web, dll.
Push e-mail : layanan yang memungkinkan para pengguna ponsel untuk mengirim dan menerima e-mail dari ponsel mereka,secara real-time. E-mail yang diterima akan datang seperti halnya SMS, sehingga bisa langsung dibaca hanya dengan menekan satu tombol. Layanan ini dapat dinikmati selama pelanggan berada dalam jaringan GPRS.
WWW (World Wide Web) WWW merupakan layanan yang paling populer. Untuk mengakses layanan ini diperlukan aplikasi yang disebut web browser. Contoh web browser adalah Mozilla FireFox, Opera, Netscape Navigator, Internet Explorer dan banyak lagi yang lainnya. Protokol yang digunakan oleh WWW ini adalah HTTP (HyperText Transfer Protocol).
Web sendiri adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, video, audio dan sebagainya yang tersimpan dalam sebuah internet (hosting web server) yang dipresentasikan dalam bentuk hypertext.
Konsepnya adalah menggunakan URL (Uniform Resource Locator) dengan format :
[protokol]:[host].[nama_domain].[grup_domain]
- [protokol] adalah protokol atau metode yang digunakan untuk mengakses informasi
- [host] adalah nama standar untuk host yang memberikan layanan akses web
- [nama_domain] adalah nama yang menunjukkan pemilik situs web, bisa berupa perorangan, perusahaan atau organisasi
- [grup_domain] adalah kode geografis atau jenis/bidang organisasi pemilik web itu
File Transfer
File Transfer memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman pengiriman (upload) atau penyalinan (download) file-file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet. Protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut FTP (File Transfer Protocol).
FTP dapat diakses dengan web browser, tetapi memiliki keterbatasan karena hanya dapat mengakses Anonymous FTP Server. Sedangkan untuk mengakses FTP yang khusus, diperlukan aplikasi atau progran yang bernama FTP Client. Contohnya WS FTP, Cute FTP, FileZilla, Windows Commander dan sebagainya.
Konsepnya sama dengan WWW yaitu menggunakan URL. Bedanya hanya pada protokol yang digunakan saja, jika pada web digunakan http://, pada FTP menggunakan ftp://.
Telnet/Remote Login
Telnet adalah layanan yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk melakukan remote login ke suatu komputer jarak jauh. Layanan ini mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi login ke sebuah terminal (remote host) dalam jaringan internet. Remote Login ini juga memerlukan aplikasi dan program khusus agar dapat digunakan dan dimanfaatkan.
Internet Relay Chat (IRC)
IRC
adalah layanan komunikasi antara pengguna internet yang bersifat
interaktif. Penggunaan layanan ini hampir sama seperti penggunaan
telepon suara, bahkan sama dengan penggunaan SMS. Dengan IRC pengguna
internet dapat “ngobrol” dengan pengguna lainnya dengan cara mengirim
dan menerima pesan berupa teks.
Layanan ini memerlukan
aplikasi khusus seperti mIRC dan sejenisnya. Dengan aplikasi
tersebut, pengguna masuk ke salah satu server IRC dan “ngobrol” dengan
pengguna lain.
Chatting
Chatting atau mengobrol, berarti melakukan pembicaraan tertulis real-time (saat itu juga) dalam komputer. Chat Room adalah lokasi pada server internet yang menampung orang-orang yang sedang chatting. Jika Anda mengirim pesan pada chat room, maka semua orang yang ada di server akan dapat membaca pesan Anda dan membalasnya secara langsung. Mirip seperi mengoblor di dunia nyata.
Ada juga yang dapat dilakukan lewat video sehingga kita dapat melihat lawan bicara kita di ujung sana. Untuk dapat dilihat dan didengar, kita membutuhkan headset dan webcam.
Jika ingin melakukan chatting, kita harus memiliki program chat-client yang beberapa dapat diunduh gratis dari net. Lalu terhubung ke chat server dan mengobrol sampai tangan pegal.
Chatting atau mengobrol, berarti melakukan pembicaraan tertulis real-time (saat itu juga) dalam komputer. Chat Room adalah lokasi pada server internet yang menampung orang-orang yang sedang chatting. Jika Anda mengirim pesan pada chat room, maka semua orang yang ada di server akan dapat membaca pesan Anda dan membalasnya secara langsung. Mirip seperi mengoblor di dunia nyata.
Ada juga yang dapat dilakukan lewat video sehingga kita dapat melihat lawan bicara kita di ujung sana. Untuk dapat dilihat dan didengar, kita membutuhkan headset dan webcam.
Jika ingin melakukan chatting, kita harus memiliki program chat-client yang beberapa dapat diunduh gratis dari net. Lalu terhubung ke chat server dan mengobrol sampai tangan pegal.
Instant Messaging
Layanan real-time ini memungkinkan kita melihat status dari orang lain, apakah online atau tidak. Jika online, kita dapat berbicara dengannya lewat audio dan video atau hanya sekedar mengirim pesan. Agar IM dapat berjalan, kesua belah pihak haruslah sama-sama online. Kita mungkin membutuhkan software messenger untuk melakukannya.
VoIP (Voice over Internet Protocol)
Disebut juga Telepon Internet. Artinya kita dapat menelpon lewat jaringan internet alih-laih lewat jaringan telepon biasa. Kita membutuhkan sambungan internet berkecepatan tinggi untuk dapat melakukan Voice over IP ini. Biaya yang dibutuhkan juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan telepon biasa.
Layanan real-time ini memungkinkan kita melihat status dari orang lain, apakah online atau tidak. Jika online, kita dapat berbicara dengannya lewat audio dan video atau hanya sekedar mengirim pesan. Agar IM dapat berjalan, kesua belah pihak haruslah sama-sama online. Kita mungkin membutuhkan software messenger untuk melakukannya.
VoIP (Voice over Internet Protocol)
Disebut juga Telepon Internet. Artinya kita dapat menelpon lewat jaringan internet alih-laih lewat jaringan telepon biasa. Kita membutuhkan sambungan internet berkecepatan tinggi untuk dapat melakukan Voice over IP ini. Biaya yang dibutuhkan juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan telepon biasa.
Audio/Video Streaming
Streaming
adalah layanan yang langsung dapat mengeksekusi atau menjalankan data
tanpa harus menunggu selesainya proses pengiriman data. Contohnya
adalah layanan video YouTube atau layanan lainnya yang sejenis. Bahkan
pada blog dan situs-situs pribadi juga sudah banyak yang memanfaatkan
layanan ini untuk berbagai keperluan.
Jadi dengan
layanan ini, misalnya, jika ingin menonton cuplikan film, tidak harus
men-download dulu baru nonton, tetapi langsung nonton sambil download.
Mantap ya…
Interaksi Elektronik
Interaksi
elektronik di sini mengacu pada kegiatan-kegiatan interaktif secara
online melalui internet. Contohnya adalah kegiatan e-Banking, e-Commerce, e-Business, e-Government, e-Learning
dan sebagainya. Kegiatan jual beli melalui internet dan belajar
(sekolah) online, transaksi perbankan saat sudah bukan sesuatu yang aneh
lagi. Semuanya memanfaatkan sistem elektronis yang interaktif.
NewsgroupDi sini merupakan area diskusi online bagi pengguna tentang objek-objek tertentu. Kita dapat bergabung dengan group ini dan mengirim pesan untuk ditanggapi oleh anggota lain. Ada juga yang mengharuskan kita untuk registrasi dulu untuk mendapatkan username dan password. Atau ada juga newsgroup yang khusus untuk komunitas tertentu.
Misalnya mahasiswa matakuliah tertentu yang dilengkapi dengan nama dan sandi mereka sendiri, akan dapat memasuki area diskusi sehingga pihak lain tidak dapat ikut campur dalam kuliah mereka. Biasanya kita menggunakan program Newsreader untuk berpartisipasi di dalamnya.
Milis (Mailing List)
Milis adalah kelompok alamat e-mail yang memiliki suatu nama tunggal, yang menyatukan mereka dalam kelompok diskusi. Jika salah seorang anggota mengirim e-mail pada milis, maka otomatis seluruh anggota akan menerimanya. Biasanya dikelola oleh orang-orang yang memiliki kesamaan tertentu, misalnya kesamaan institusi, atau kesamaan hobi.
Search Engine
Mesin Pencari (Search Engine), adalah situs yang menyediakan layanan untuk mencari alamat situs, gambar, foto dan sebagainya dengan cepat. Terdapat banyak website pencari di internet antara lain yaitu Google, Yahoo, Altavista, Excite, MSN Search de el el.
Blog
Blog adalah layanan untuk kita dapat menuliskan artikel, cerita, curhatan hati, pengalaman pribadi de el el dalam bentuk kata-kata atau gambar. Layanan blog yang terkenal dan banyak digunakan antara lain yaitu Blogspot, WordPress, Multiply.
situs jaringan sosial
Friendster dan Facebook, adalah situs jaringan sosial atau jaringan pertemanan yang biasanya untuk mencari teman dan berkomunikasi melalui internet. Nah loh bagi kalian-kalian yang suka mencari teman atau pacar gabung aja disitus ini.
3 komentar: